Advertise Box

0
Sebenarnya game online bukan sesuatu yang negatif. asal kita bisa membagi waktu aja, Karna suatu game atau permainan bisa menghilangkan kita dari tekanan suatu pekerjaan atau masalah. cuma jangan kita setiap waktu selalu main game tidak baik juga. Nah dengan adanya sarana internet ini ak sering browsing di salah satu mesin pencari yang di sediakan internet ini. dan aku lebih memilih google.com karna menurut saya mesin pencari ini lebih cepat dan lengkap. dan yang aku heran dari google waktu itu setiap apa yang aku cari pasti ada di mesin pencari ini. apapun yang cari pasti ketemu. selagi itu yang kita cari dalam kategori umum ya. bukan khusus apalagi spesial. misalnya aku mencari jasa pengukuran kata kuncinya dan timbullah kata2 jasa pengukuran tadi di dalam halaman penuh itu ada 10 baris kata jasa pengukuran itu tadi. dan pada baris terakhir pada setiap kolom pasti ada kata2 blogspot.com dan ada yang langsung .com apa maksudnya itu. aku tanya lagi ke google apa artinya itu blogspot.com. dan ternya itu adalah blog seseorang yang di sediakan google secara gratis. Dan aku tanya lagi apa manfaat blog itu. dan ternyata banyak sekali manfaat positif dari blog ini. sungguh muilia google ini. Jadi waktu yang di berikan bos aku itu aku gunakan secara bijak untuk mengenal dan belajar apapun yang positif buat hidup kita. sebelum saya lanjutkan cerita aku. aku cerita sedikit soal usaha dari bos aku ini. Bos aku dulu seorang surveyor. dan dia mulai berusaha menjadi surveyor freelance. dengan modal keahlian dan relasi bos saya membuka jasa pengukuran melalui para relasinya. dan dia dapat pekerjaan jasa pengukuran itu. dan kebetulan pekerjaan bos aku yang di madura di serahkan ke aku. Dalam hati ingin rasanya aku seperti bos aku. tapi bagaiman caranya. Aku terjun di bidang surveyor ini baru 3 bulan. dan teman aku cuma para bos yang mengajari aku. waktu itu aku berinisiatif buat jasa pengukuran lewat selebaran. dan aku tempel di setiap pinggir jalan, pada pohon2. tapi itu semua perlu modal dan aku pikir kurang luas jangkauannya. Nah setelah aku banyak waktu luang setelah peraturan baru dari bos aku. Aku gunakan untuk hal yang positif. yaitu belaja dan belajar. Nah setelah aku mengenal blogspot ini, aku coba lebih dalam mengenal blogspot ini. dan aku mencoba membuat blog jasa pengukuran aku. setelah aku mencoba buat dengan bertanya sama google caranya, dan ternyata banyak orang yang baik di dunia ini. ga seperti perkiraan aku. ada orang yang memandu para pemula untuk membuat blogspot ini. dengan baca panduan meraka jadilah blog aku. dan aku beri nama JASA PENGUKURAN. setelah ini selesai masih ada kendala lagi. aku cari kata kunci jasa pengukuran. tapi punya aku ga pernah ketemu. Aku bingung lagi. Dan aku tanya lagi ke google dan di jawab google dengan baik lewat para blogger sejati dan baik hati. aku buka semua blog para blogger sejati satu demi satu. ada banyak cara menjadikan blog kita masuk ke halaman depan mesin pencari google. hari demi hari minggu demi minggu aku berusaha menjadikan blog aku ke halaman depan. tapi hasilnya blog aku ga pernah nongol di halam terakhir pun. Aku ga pernah menyerah aku berusah bertanya terus di google akhirnya blog aku nongol di halam 43 google mesin pencari. Walau cuma halaman 43 itu sudah buat aku semangat dalam mengejar blog aku jadi halaman utama. Dan ALLAH meridhai blog aku menjadi halaman utama sampai saat ini. amin ya rob. Dan aku sekarang berpenghasilan lumayan. Dan pernah aku berpenghasilan 9 juta per hari. Dan aku pernah memberikan training pengukuran di salah satu perusahaan besar di daerah Gresik. Dan aku pernah memberikan pelatihan cara menggunakan Alat pengukuran. Dan aku pernah melakukan training cara pengukuran di lapangan. Dan aku pernah melakukan pelatihan membuat kontur tanah dan volume potong dan timbun. Itu semua aku lakukan dengan bayaran 1.500.000 per hari. Minimal latihan 3 hari. dan rata rata yang aku training mereka yang sekolahnya tinggi2 sampai tingkat sarjana. Untuk ukuran aku, dengan berpenghasilan segitu bagi aku yang ga lulus sma sangatlah besar. Terimakasih ya ALLAH alhamdulillah. Terima kasih para surveyor A dan Surveyor B yang memberikan ilmu ke aku dan memberikan kesempatan buat aku untuk mengamalkan ilmu ini. Terima kasih buat google yang baik. Dan terimakasih para blogger sejati. Ilmu teman2 blogger selalu bermanfaat bagi orang2 yang membutuhkannya. Dan sekarang saya membuka JASA PENGUKURAN dan keluar dari bos aku. Dan Alhamdulillah ilmu yang aku dapat selama 3 bulan menjadi supir surveyor bisa membuat aku menjadi surveyor freelance. Walau aku ga pernah merasakan sekolah sma sampai lulus. kelas 2 sma pun cuma masuk sekolah 4 hari, dan aku selalu terbuai dengan pergaulan bebas. minum2an keras selagi ada niat untuk berubah, tidak ada kata terlambat. Bagi teman2 yang putus sekolah, janganlah berputus asa. carilah ilmu yang bermanfaat dimanapun kita berada. Kita bisa belajar dari melihat, dari mendengar, dari membaca, dari bertanya dll. kita buktiakan hal positif dari diri kita. siapa kita dan bisa apa kita. cuma kita yang tau dan buktikan, minimal kepada diri kita sendiri. dan bagi yang masih sekolah. pergunakanlah waktu kamu sebaik mungkin. belajarlah dengan sungguh2 jangan sia siakan waktumu. banyak cara yang positif untuk membuktikan siapa kita dan bisa apa kita.
Demikian kisah saya ini, dan semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
salam menuntut ilmu bermanfaat dari saya
Wassalamu'alaikum W.R.B.
unang / husnak
blog aku : unangsurveyor.blogspot.com
0
Hari dan minggu berlalu. Akhirnya Surveyor B yang seperti aku ceritakan diatas. Adalah teman bos aku di lamongan. Beliau dapat tawaran bekerja jadi surveyor Di perusahaan minyak untuk pengeboran di pulau Madura. Dengan gaji 2 jt per bulan. Karna terlalu kecil gaji itu buat beliau yang biasa dapat gaji di atas 5 jt. Di tolaknya pekerjaan itu, Dan ALhamdulillah beliau percaya sama ak, dan di serahkan pekerjaan itu ke aku. Tentu saja aku senang banget, tanpa pikir panjang aku terima pekerjaan itu. Gak pake lama aku di panggil sama calon bos baru aku ini. Setelah iterview sebentar aku langsung di berangkatkan ke madura. Alangkah senangnya aku waktu itu. Aku bekerja sebagai kepala tim surveyor, di bawakan mobil walau hanya mobil carry. Dalam aku bekerja banyak di landa masalah. Karna yang aku pelajari waktu itu pengukuran pipeline. tapi sekarang lokasi pengeboran minyak. Tapi aku selalu koordinasi dan bertanya dengan surveyor B untuk solusi pekerjaan aku. Dengan di pandu lewat HP akhirnya semua pekerjaan aku lancar tanpa masalah. Tapi ilmu gambar data pemetaan aku masih kurang. karna aku belum punya komputer untuk belajar. Dan ALhamdulillah ak di sediakan laptop sama bos aku. Wah seneng banget aku waktu itu. Aku bisa bekerja sambil belajar. Tiap hari aku bekerja jam 7 pagi berangkat dari mess ak. jam 5 sore pulang. sampai mess mandi dan makan setelah itu mngerjakan gambar pengukuran di laptop, itu masih sedikit kesulitan aku mengerjakannya. Jadi aku selesaikan pekerjaan itu sambil belajar sampai jam 3 pagi. bangun jam 6 pagi. itu aku lakukan setiap hari. Jadi aku tidur cuma 3 jam setiap hari. Itu selama 3 bulan aku seperti itu. Setelah aku mahir dalam menggambar di laptop, jam kerja aku berkurang. Aku bisa tidur jam 12 malam. dikarnakan kebutuhan pekerjaan makin tinggi aku kekurangan orang buat bantu aku bekerja. Dan ini aku sampaikan ke bos aku. Dan aku disuruh pulang ke surabaya untuk mengambil tenaga yang aku butuhkan. Setiba aku di kantor tersebut, disana ada 3 atau 4 orang seingat aku. Dan bos bilang. oh ya nama aku di sini unang. karna waktu aku berkenalan dengan bos aku. aku bilang nama aku una malah dia bilang unang. jadilah nama aku unang sekarang. jadi bos ak bilang. nang kamu silahkan pilih diantara orang ini siapa yang mau kamu bawa ke madura. Disalah satu orang itu ada teman bos aku yang di minta membantu pekerjaan bos aku. Terus aku bilang ke bos aku. pak saya ga mau milih sendiri. kalau saya milih sendiri takutnya yang gak aku pilih berarti aku ga suka dengan yang gak aku pilih. jadi saya serahkan semua ke bapak siapa yang harus bantu aku di madura. tapi dalam hati kecil jangan orang itu. orang itu maksudnya teman bos aku. Karna aku sungkan untuk merintah dia dalam bekerja nanti. Penampilan rapih, orang terpelajar. orangnya bersih. Gimana nanti kalau aku suruh bawa patok kayu dan masuk2 ke sawah. kan ga enak aku. Lahian apa dia mau bekerja seperti itu. Tapi ALLAH berkehendak lain. ternyata orang yang di pilih bos aku adalah orang yang ga ingin aku pilih. yaitu teman bos aku sendiri. Walhasil tidak lama kami bekerja bersama ketidak cocokan terjadi. Sudah prinsip ak, kalau dalam tim aku ga ada kecocokan aku akan mundur. untuk menjaga hal yang tidak di inginkan. Akhirnya aku putuskan mengundurkan diri. Setelah ini aku konfirmasi ke bos aku. aku di ajak ketemuan sama bos aku dan teman sekerja aku di suatu tempat wisata religi surabaya, dekat rumah aku sih. yaiyu di masjid Al Akbar Surabaya. omong punya omong alasan aku undurkan diri kalau aku di panggil bos aku yang lama untuk kerja di palembang sebagai surveyor. Sebelumnya bos aku bilang dari awal sebelum aku bekerja dengan dia, aku boleh keluar kerja dari dia kalau ada gaji yang lebih besar dari gaji yang ia berikan ke aku. dan alasan aku keluar karna gaji tempat aku bekerja dulu aku di gaji 6 juta, mangkanya aku mengundurkan diri. tapi bos aku ga percaya, mungkin bos aku denger desas desus soal ketidak cocokan aku dengan tim, bos aku melarang aku keluar. Dia mencarikan solusi buat kami. Akhirnya dia dapat solusi kalau waktu teman bos kerja aku cuti. dan waktu aku kerja teman bos cuti. kami sepakat. jadi 2 minggu kerja 2 minggu cuti. Dan ini di sampaikan kepada teman bos. Tapi jawaban teman bos ga mau. dia tetap ingin kerja 3 minggu cuti 1 minggu. Bos saya tambah bingung. Akhirnya aku putuskan untuk keluar aj. tapi bos aku tetap pertahankan aku. Aku ga tau sebabnya. Akhirnya bos putuskan kalau teman bos kerja 3 minggu cuti 1 minggu. Aku kerja 1 minggu cuti 3 minggu. hahahahahahahha Enak di ak dong. gaji kami sama2 juta. tapi jam kerja aku sedikit. Setelah sepakat aku pulang. Tapi dengan waktu kosong selama 3 minggu ini membuat aku bosan aja. biasa bekerja sekarang cuma bisa tidur aja. terus aku berfikir kenapa dengan waktu yang kosong ini aku manfaatkan buat belajar gambar di komputer. Tapi aku belum punya komputer. Akhirnya dengan uang tabungan aku, Aku beli komputer. Setelah beli kompuer ak beli hp cdma yang bisa buat internet agar aku bisa main game online di rumah sebagai pengisi senggang aku. Setelah aku dapatkan semua peralatan kerja aku, aku terbuai dengan yang namanya game online. Lama aku terbuai akhirnya aku berfikir untuk apa waktu aku terbuang sia2 hanya karna game online ini. bersambung ......
0
Tapi karna bos saya ga membawa buku2 waktu dia kuliah dulu. Jadi ga semua ilmu yang dia bisa di ajarkan sama aku. Waktu itu ak sempat drop juga, sempat malas belajar. Tapi aku tumbuhkan semangat aku lagi. Aku belajar dengan seluruh kemampuan aku, walau malam sekalipun. Aku pulang kerja ga langsung pulang. Aku tetap di kantor untuk belajar gambar hasil kerja di lapangan di komputer. Waktu itu ga ada yang mengajari aku. Aku belajar dengan cara melihat mereka bekerja, Mendengar mereka berbicara soal kerja. Dan akhirnya aku bisa mengambar sebuah hasil kerja di lapangan jadi gambar pemetaan. Senang sekali aku waktu itu. Tapi masih ada yang kurang. Aku harus dapat segala rumus matematika yang diperlukan dalam melakukan pekerjaan pengukuran tanah ini. Pada suatu hari aku mengantar bos aku kerja. Aku menunggu di warung kopi. Sambil ngopi ak liat2 di sekitar warung ada tumpukan buku buku yang akan di jual pemiliknya ke pembeli barang bekas. Aku coba liat buku demi buku. Disitu ada buku berukuran kertas A4 putih tebal kira2 1 cm. dan aku liat judul buku itu, kurikulum slta. ternyata buku pelajaran sma tahun 2004. Tapi waktu itu aku bekerja di perusahaan pipeline itu tahun 2008. jadi sudah berumur 4 tahun buku itu. dan aku liat di situ ada banyak rumus2 matematika lengkap. Karena ini adalah sebagian yang harus aku pelajari. Aku berniat membeli buku tersebut. Tapi kata yang punya buku itu, ambil aja bukunya kalau cuma 1. Tapi aku tetap memberi sang ibu uang 4500 melalui anaknya yang kecil. Karna memang uang yang tersisa di kantong celana aku ya segitu. Perlu di ketahui gaji seorang surveyor di tempat aku bekerja adalah 6 jt. Selain aku tertarik dengan pekerjaan surveyor yang selalu bekerja di lapangan dan selalu pindah2 biar ga jenuh, gajinya juga besar. Akhirnya aku pelajari buku rumus matematika itu sendiri. Ilmu yang di berikan bos aku sudah cukup untuk aku. Waktu itu di perusahaan aku bekerja ada 2 orang surveyor. surveyor A bos aku. Surveyor B teman bos aku. Beliau juga ambil andil dalam mengajari aku jadi seorang surveyor. Selama 3 bulan aku jadi supir surveyor A. Akhirnya aku terkena pengurangan pegawai, karena proyek sudah mau selesai. Sempat sih aku kecewa. Tapi mau di apakan lagi, dengan pesangon yang aku dapat selama aku bekerja disana cukup untuk biaya hidup walau aku nganggur 3 bulan. Tapi waktu itu aku manfaatkan buat mempertebal ilmu aku di rumah. tiap malam aku tidur sampai jam 3 pagi demi memperdalam ilmu teori pengukuran. cuma gambar di komputer aja aku ga bisa, karena belum punya komputer. Setelah aku merasa yakin apa yang aku bisa. Aku mencoba mencari lowongan surveyor di surat kabar lokal jawa timur. Dan aku baca ada lowongan tersebut. kebetulan ga begitu jauh dari rumah. Karna aku sudah punya motor dari hasil kerja aku di lamongan. aku ada kendaraan buat mencari pekerjaan. bisa irit biaya transportasi, dari pada naik angkot pindah2 jadi mahal. Dan setelah aku melamar disana dan di tes lulus. Dan aku di tawarkan gaji 1.250.000 kecil memang di banding aku menjadi supir di lamongan. Tapi disini aku menjadi seorang surveyor yang tingkatannya lebih tinggi dari supir. itu menurut aku ya. Setelah aku tanda tangan perjanjian aku langsung pulang. Dan malamnya aku di telpon oleh kantor yang ak lamar tadi. Katanya aku disuruh bawa banyak pakaian, karna akan dikirim ke luar pulau. Aku mau di kirim di manokwari - papua. Ya jelas aku tolak, dengan gaji segitu tapi kerja jauh dari rumah. bukan aku ga mau terima pekerjaan itu, karna gaji tidak sesuai dengan pekerjaan yang jauh dari keluarga. Akhirnya ak nganggur lagi. Aku hubungi perusahaan tempat aku bekerja di lamongan dulu. katanya ada proyek di palembang - sumatra. Tapi katanya ga ada lowongan. padahal ak mau jadi apapun asal bisa di terima bekerja di perusahaan itu. Dan aku bilang aku sekarang sudah bisa kerja surveyor mereka ga percaya, walau itu jadi seorang helper surveyor. Padahal kepala surveyornya sendir belum mahir kalau kerja di lapangan. Tapi tetap dipakai bekerja di sana. Inilah ketidak adilan yang aku dapat. Sedih rasanya ga bisa mengembangkan ilmu yang aku dapat selama 3 bulan jadi supir seorang surveyor.
0
Di sini aku berkesempatan belajar. Walau sesama teman supir banyak yang meragukan kemampuan aku. Dan banyak yang menghina aku. Dan ada yang bilang aku cuma mencari perhatian agar tetap bekerja di situ. Karna perusahaan ini bergaji besar. Tapi semua tuduhan itu hanya aku tanggapi dengan senyuman. Ak ga mau seperti dulu. Dan aku ga mau gagal lagi dalam meraih ilmu yang bermanfaat. Selain ilmu komputer aku dapatkan aku juga dapat ilmu pembuatan dokument logistic suatu proyek. Selama aku jadi supir logistic aku selalu mendapat makan gratis, bahkan kebiasaan buruk aku mulai lagi, Karna kehidupan logistic selalu berhubungan dengan supplier. Dan supplier selalu ingin mendapatkan order material proyek dari logistik. Demi ambisi supplier dapat order, mereka selalu memberi imbalan kepada logistic itu sendiri. Secara tidak langsung aku sebagai supirnya kena imbas bagian itu, dengan mengikuti kebiasaan bos ak. Kebiasaan bos ak main cewek, tapi ga suka minum. sedangkan tempat cewek nakal selalu ada minuman keras. Jadilah aku kembali konsumsi minuman. Cuma aku ga main perempuan, karna aku masih setia dengan istri aku. Walau bos aku main perempuan, aku selalu minta jatah aku berupa uang aja. dan uang itu beli minuman. Ini berjalan sekitar 7 bulan. Dan pada suatu hari aku melihat tim Surveyor perusahaan kami. Memang sih aku selalu bertemu kalau di kantor. apalagi pagi2 sebelum pekerja lapangan berangkat ke lapangan, harus absen dulu di kantor. Waktu aku lihat surveyornya kok kelihatan gagah dengan sepatu proyek tinggi baju kerja ga pernah kotor. ganteng lagi surveyornya. Dan sewaktu longgar kerja, dan ga ada data atau nota yang perlu aku input di komputer, aku main ke ruang tim surveyor bekerja, kebetulan ruangannya bersebelahan dengan ruangan logistic. hanya di batasi skat triplek setinggi 1.5 meter. Aku pengen tau apa aja yang di kerjakan tim surveyor ini. dan apa yang di hasilkan dari divisi ini. Setelah aku main dan lihat2 dengan sedikit bertanya aku mulai mengerti apa yang di hasilkan dari kerja divisi ini. Semua aku pelajari dengan melihat mereka bekerja mengolah data dari tim lapangan. Sebab kalau aku banyak bertanya di marahin. Setelah tertarik aku untuk mempelajarinya, aku berfikir bagaimana bisa mempelajarinya dengan waktu penuh, berhubung aku seorang supir, ya aku pendekatan dengan supir surveyor lapangan itu tadi. Setelah nego akhirnya terjadilah pertukaran tugas di antara kami. dia menyetiri logistic ak jadi supir surveyor. Ini aku lakukan sudah seizin bos aku dulu, yaitu orang logistic. Awal2 aku dibilang bodoh sama teman2 supir yang lainnya. orang sudah enak jadi supir logistik banyak uangnya, malah jadi supir surveyor yang ga ada uang sampingannya. Jadi aku mengandalkan uang makan aku buat makan sehari2. Tidak seperti dulu yang selalu di belikan bos aku. Sekarang aku harus beli sendiri. Sedikit saya jelaskan. pekerjaan seorang surveyor adalah mengambil data pemetaan lokasi yang akan di pasang pipeline itu sendiri. Mereka bekerja dengan alat ukur tanah namanya. Alat ini sangat mahal harganya. ya sekitar 70 jt saat ini. tugas aku mengantar tim surveyor yang terdiri dari 3 orang ke lokasi yang harus di ambil data pemetaan lokasinya. Aku juga ga sungkan2 membantu mereka kerja di lapangan, dengan cara membawa alat ukur tanah yang mahal itu. memang beratnya cuma 11 kg. tapi kalau kita bawa dengan jarak 1 km ya terasa 40 kilo itu alat beratnya. hehehe. tapi semua aku lakukan demi ini ilmu yang ingin aku dapatkan. aku ingin buktikan minimal ke diri aku sendiri, siapa aku dan bisa apa aku. Walau tugas seorang supir hanya menyetir mobil untuk mengantarkan bos pulang pergi, tapi aku ga seperti itu. Aku selalu ikut membantu bos aku dalam bekerja. Walau semua teman banyak yang mencibir aku. Bukannya gabung mereka di warung kopi sambil menunggu bos selesai kerja. aku malah ikut bos kerja di lapangan. Tidak ada cerita malas, malu dan lainnya bagi aku untuk menuntut ilmu yang bermanfaat yang ga pernah aku lakukan dari sekolah dulu. Setelah ak pelajari sistem kerja di lapangannya dan aku menguasai, aku ingin bekerja teorinya kerja di lapangan. Ini aku tanyakan di saat ak anter bos berangkat kerja dan pulang kerja. Karna pekerjaan ukur tanah ini banyak menggunakan hitungan matematika, aku harus punya kalkulator yang khusus hitung semua rumus matematika. Dan aku bertanya berapa harga kalkulatornya. Bos saya bilang ada yang 200.000 dan ada yang lebih. Aku ngeluh waktu itu. Dengan uang segitu, itu uang makan aku selama 2 minggu. kalau aku pake beli kalkulator gimana makan aku. apa aku harus pake uang gaji aku yang biasanya di terima istri aku. Dia pasti marah dan menolak membelikannya. Karna dari istri saya sendir ga percaya dengan kemampuan saya dalam belajar. Tapi bos aku memberi solusinya. dia sarankan aku membeli yang buatan cina. lebih murah, cuma 50.000. akhirnya ak beli dengan uang makan aku kalkulator itu. Setelah aku beli kalkulator aku jarang ikut ke lapangan. Aku gabung dengan sesama supir menunggu di warung sampai bos selesai bekerja. Tapi akupun tidak mau kehilangan waktu untuk belajar, Di waktu ngopi di warung ak selingi belajar teori pengukuran tanah. Sebagian teman2 ak bilang. mau jadi apa kamu na na. kalau sudah supir ya supir aja. percuma kamu belajar itu. mesti sekolah yang tinggi katanya. Tapi kata2 itu tidak menyurutkan semangat aku untuk belajar. Dan aku selalu bertanya kepada bos aku. Alhamdulillah aku mempunyai bos yang sabar, beliau selalu mengajari aku. Dan selalu support ak dalam belajar. Pernah suatu malam aku lagi belajar teori pengukuran ak kebingungan dalam mecahkan soal pekerjaan teori aku. waktu itu jam 11 malam. Tapi karna rasa penasaran aku ingin cepat mengetahuinya dan ga sabar menunggu besok. Aku ketuklah kamar bos aku, yang kebetulan di bawah kamar ak. Dengan rasa khawatir bos marah karna ganggu tidur aku tekadkan mengetuk pintu kamar bos aku. Alhamdulillah walau bos ak sudah tidur tapi beliau tetap memberi tau caranya mecahkan soal yang aku tanyakan. Bos aku yang sabar dan baik hati. Aku sangat berhutang budi dan ilmu kepadanya. bersaambung ......

Sponsored by

Photobucket